Tutorial Settingan Vray Sketchup Bahasa Indonesia By: Master FAHRUDIN YUNIANTO #2
Untuk mengatur posisi view camera bisa menggunakan tools Orbit,Pan & Look Around
Setting Lens shift untuk mendapatkan posisi yang tegak pada output render :
~> V-ray option render
~> Camera
~> Lens shift : 0.19
Setting Shadow :
~> UTC-07:00
~> Time 09:00 AM
~> Date 02/20
Note : Untuk setiap angel / view camera maka nilai Lens shiftnya akan berbeda
Setting material aspal :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 1.5 (setiap material berbeda nilai bump)
Setting material Beton :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 1 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Palimanan
Setting material Batu Palimanan :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 4 (setiap material berbeda nilai bump)
Setting material Batu Paras Jogja :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 5 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Palimanan Hitam
Setting material Batu Palimanan Hitam :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 2 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Travertin
Setting material Batu Travertin :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.2 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
Setting material Kayu 1 :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M rubah nilai Reflection menjadi 0,5 (untuk mengurangi sedikit noise)
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.3 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
~> Hiligh : 0,85
~> Reclect : 0,85
~> Subdivs : 10
Setting material Kayu 2 :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M rubah nilai Reflection menjadi 0,5 (untuk mengurangi sedikit noise)
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.3 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
~> Hiligh : 0,85
~> Reclect : 0,85
~> Subdivs : 32
Setting material Kaca :
~> Diffuse color Black (RGB 0)
~> Pilih Transparency color White (RBG 255)
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah rubah warna pada perpendicular menjadi R : 190 G : 190 B : 190
~> Klik Ok
Menambahkan Refraction :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Refraction
Merubah Region sequence menjadi Top - Bottom (untuk mengatur laju bucket render) Merubah nilai Ozon pada Envoronment sky
~> Klik M pada GI (skylight)
~> Pilih Texsky
~> Rubah nilai Ozon menjadi satu (nilai standar ozon 0.35)
Mengaktifkan & merubah Overide Focal length menjadi 25,5 (untuk mengatur jarak pandang) Merubah shutter speed menjadi 200
Merubah nilai Noise threshold menjadi 0,005 (nilai standar 0,01) Merubah type Color mapping menjadi Reinhard
Menambahkan hasil output Render ID
Merubah nilai Max rate menjadi -1 (nilai standar -2) Merubah nilai Subdives menjadi 1000 ( nilai standar 800)
Edit selanjutnya dengan Photoshop sesuai selera.
Tutorial ini dipersembahkan oleh komunitas Sketchup indonesia Sketchunesia.
Sumber: Sketchunesia
Untuk mengatur posisi view camera bisa menggunakan tools Orbit,Pan & Look Around
Setting Lens shift untuk mendapatkan posisi yang tegak pada output render :
~> V-ray option render
~> Camera
~> Lens shift : 0.19
Setting Shadow :
~> UTC-07:00
~> Time 09:00 AM
~> Date 02/20
Note : Untuk setiap angel / view camera maka nilai Lens shiftnya akan berbeda
Setting material aspal :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 1.5 (setiap material berbeda nilai bump)
Setting material Beton :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 1 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Palimanan
Setting material Batu Palimanan :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 4 (setiap material berbeda nilai bump)
Setting material Batu Paras Jogja :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 5 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Palimanan Hitam
Setting material Batu Palimanan Hitam :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan texture Bump :
~> Klik bagian map
~> Klik M (bump)
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file (file grayscale lebih bagus daripada file RGB color)
~> Klik Ok
~> Rubah nilai bump menjadi 2 (setiap material berbeda nilai bump)
Material Batu Travertin
Setting material Batu Travertin :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.2 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
Setting material Kayu 1 :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M rubah nilai Reflection menjadi 0,5 (untuk mengurangi sedikit noise)
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.3 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
~> Hiligh : 0,85
~> Reclect : 0,85
~> Subdivs : 10
Setting material Kayu 2 :
~> Klik M
~> Pilih TexBitmap
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M rubah nilai Reflection menjadi 0,5 (untuk mengurangi sedikit noise)
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah nilai IOR menjadi 1.3 (angka semakin tinggi akan semakin mengkilap)
~> Klik Ok
~> Hiligh : 0,85
~> Reclect : 0,85
~> Subdivs : 32
Setting material Kaca :
~> Diffuse color Black (RGB 0)
~> Pilih Transparency color White (RBG 255)
~> Pilih file .jpg untuk di jadikan texture (texture resolusi besar lebih bagus)
~> Klik Ok
Menambahkan Reflection :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Reflection
~> Klik M
~> Plih TexFrasnel
~> Rubah rubah warna pada perpendicular menjadi R : 190 G : 190 B : 190
~> Klik Ok
Menambahkan Refraction :
~> Klik kanan pada nama material
~> Create Layer
~> Pilih Refraction
Merubah Region sequence menjadi Top - Bottom (untuk mengatur laju bucket render) Merubah nilai Ozon pada Envoronment sky
~> Klik M pada GI (skylight)
~> Pilih Texsky
~> Rubah nilai Ozon menjadi satu (nilai standar ozon 0.35)
Mengaktifkan & merubah Overide Focal length menjadi 25,5 (untuk mengatur jarak pandang) Merubah shutter speed menjadi 200
Merubah nilai Noise threshold menjadi 0,005 (nilai standar 0,01) Merubah type Color mapping menjadi Reinhard
Menambahkan hasil output Render ID
Merubah nilai Max rate menjadi -1 (nilai standar -2) Merubah nilai Subdives menjadi 1000 ( nilai standar 800)
Edit selanjutnya dengan Photoshop sesuai selera.
Tutorial ini dipersembahkan oleh komunitas Sketchup indonesia Sketchunesia.
Sumber: Sketchunesia
Tutorial Settingan Vray Sketchup Bahasa Indonesia By: Master FAHRUDIN YUNIANTO #2
4/
5
Oleh
Unknown